Berita / Seminar

S1 PARIWISATA UNIVERSITAS IMELDA MEDAN GELAR KULIAH PAKAR MANAJEMEN OPERASIONAL TOUR AND TRAVEL

Administrator - 20 Mei 2022


S1 PARIWISATA UNIVERSITAS IMELDA MEDAN GELAR KULIAH PAKAR MANAJEMEN OPERASIONAL TOUR AND TRAVEL

Universitas Imelda Medan (UIM) melalui prodi S1 Pariwisata telah sukses mengadakan kuliah PAKAR dengan tema “Management Operational Tour and Travel”  yang telah dilaksanakan pada Jumat, 20 Mei 2022. Acara ini dikemas untuk membahas topik aktual mengenai perkembangan manajemen operasional tour and travel secara teori dan factual di Indonesia. Berlangsungnya acara ini adalah sebagai media kolaborasi antara internal S1 Pariwisata UIM dengan pihak eksternal dalam membangun interaksi, diskusi dan kerjasama sekaligus sebagai media penyebaran informasi Program Studi S1 Pariwisata UIM. Acara tersebut berlangsung pukul 08.00 WIB hingga selesai pada pukul 10.00.WIB.

Kelangsungan Acara

Permulaan sesi dipandu oleh MC Sabam Syahputra Manurung, M.Si, dari Staff Dosen Pariwisata UIM, kemudian sapaan kata sambutan dari Rektor Universitas Imelda Medan, Dr.dr.Imelda Liana Ritonga, S.KP, M.Pd, MN yang menyapa seluruh peserta kuliah pakar yang hadir dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan berbagai latar belakang profesi dan organisasi.

Pada sesi inti, acara dipandu oleh moderator muda, Apriliani Lase, M.Sc, DosenS1 Pariwisata UIM, Adapun kuliah pakar kali ini mengundang narasumber insane pariwisata, Acmad Syams, M. M. Par, dari PT. Pesona Adyatama Hayza, Adyatama Tour, dengan membawakan topik Management Oprasional Tour and Travel. Dalam pemaparannya telah disampaikan bahwa amat penting untuk memahami isu-isu actual mengenai travel yakni Travel Regulation (Covid) dan isu Penipuan dalam dunia travel agent. Dimana karena kondisi pandemic Covid-19 regulasi pemerintah mengenai dunia travel sering berubah-ubah, sehingga dapat membingungkan para pengusaha dan konsumen wisata, kemudian isu lainnya ialah mengenai penipuan tentang paket-paket wisata yang tersebar melalui media internet yang telah memakan banyak korban pelaku wisata.

Dalam pemaparan kuliah pakar ini dapat dipelajari bahwa sebagai insane pariwisata perlu melakukan perencanan yang matang mengenai destinasi pariwisata baik dari aspek jarak, rencana anggaran biaya (RAB), rute, keamanan dan kenyamanan dalam berwisata. Hal ini yang menjadi tanang antersen diri pagi pelaku wisata sehingga banyak dari mereka akan mempercayakannya kepada travel agent untuk mengelola perjalanan wisata mereka. Selanjutnya travel agent harus mampu mengelola rute, anggaran, keamanan dan kenyamanan wisatwan dengan mengkombinaskan management oprasional tour dengan baik dan benar. Pengecekan detail biaya oprasional perjalanan harus update dangan harga terkini agar dapat menyesuaikan paket harga kepada wisatawan, mengelola harga makanan, biaya transportasi, penginapan dan biaya tambahan lainnya harus dikendalikan dengan baik dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Maka dari itu diperlukannya management sumber daya manusia (SDM) yang exelent di bidang pariwisata. SDM pariwisata harus memiliki jiwa hospitality kepada pelanggan, dimana tidak hanya melayani kebutuhan pelanggan saat proses perjalanan saja, bahkan terkadang ada keluhan dan permintaan pelanggan diluar dari paketwisata yang ditawarkan. Untuk itu profesionalitas dan jiwa hospitality perlubagi SDM pariwisata penting dimiliki sembari proses belajar terus-menerus di dunia Pariwisata

Hasil kuliah pakar tersebut nantinya berguna bagi perkembangan proses pembelajaran di lingkungan UIM, khususnya untuk pemantapan kurikulum prodi S1 Pariwisata Universitas Imelda Medan. Selanjutnya menjadi bahan masukan terhadap implementasi peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata agar pengelolaan pariwisata dapat semakin berkembang.

 

Share To :