Berita / Kampus

WEBINAR PARIWISATA SUMUT UNTUK DUNIA Universitas Imelda Medan

Administrator - 10 Juli 2020


UIM SUKSES GELAR WEBINAR BERTAJUK PARIWISATA SUMUT UNTUK DUNIA

Universitas Imelda Medan (UIM) sukses melaksanakan Webinar barbasis talkshow interaktif dengan tema “Pariwisata Sumut Untuk Dunia”  yang telah dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020. Acara ini dikemas untuk membahas topik aktual mengenai perkembangan pengelolaan pariwisata di Sumatera Utara berbasis potensi Sumber Daya Manusia (SDM), sekaligus sebagai media penyebaran informasi Program Studi S1 Pariwisata UIM. Acara webinar tersebut berlangsung pukul 10.00 WIB hingga selesai pada pukul 12.30.WIB yang bertempat di meeting room multimedia Universitas Imelda Medan.
Kelangsungan Acara
Permulaan sesi dipandu oleh MC Sabam Syahputra Manurung, M.Si, dari Staff Dosen Pariwisata UIM, kemudian sapaan kata sambutan dari Rektor Universitas Imelda Medan, Dr.dr.Imelda Liana Ritonga, S.KP, M.Pd, MN yang menyapa seluruh peserta webinar yang hadir dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan berbagai latar belakang profesi dan organisasi. Kemudian dilanjutkan kata sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kabid Objek Usaha Pariwisata, Ibu Maike Mogani Ritonga, SH, M.AP sekaligus pembuka acara webinar tersebut. 
Pada sesi inti, dialog interaktif, acara dipandu oleh moderator muda, Gabriella Valentina Winardi, mahasiswi program Bachelor in culinary, dari Culinary Art and Academy, Switzerland, kemudian pemaparan materi dari enam narasumber yang memberikan sajian materi dalam sesi dialog interaktif pada acara webinar tersebut diantaranya :

  1. Dr. Ir. Budi Sinulingga, M.Si, dari konsultan pengembangan dan pembangunan Sumut yang membawakan tema terkait “ Infrastruktur Pariwisata Sumut ; Apakah Sudah Siap Menarik Wisatawan Manca Negara?”
  2. Solahuddin Nasution, SE, MSP, Ketua Asosiasi Tour and Travel (ASITA) Sumut, dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumut, yang membawakan tema terkait “Kesiapan SDM Pariwisata Sumut, Apa yang Masih Kurang?”
  3. Armin Rahmansyah Nasution, SE, M.Si dari bidang sertifikasi dan kompetensi Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) yang membawakan tema “ Peluang SDM Pariwisata di Sumatera Utara”
  4. Hendra Kaban, Ketua Asosiasi Perusahaan Pengelenggara dan Pelaksana Acara (APPARA) yang membawakan tema “ Strategi Mengembalikan Pasar di Masa dan Pasca Pancemi”
  5. Kus Endro, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumut membawakan tema “SDM Pariwisata Profesional”
  6. Siti Rahimah, S.Par, MM.Par membawakan tema “ Strategi Universitas Imelda Medan Menjawab Kebutuhan SDM Industri Pariwisata Sumatera Utara” 

Sepanjang sesi webinar terdapat 9 point penting sebagai rekomandasi yang telah diperoleh dari kegiatan pemaparan materi, dialog interaktif dan hasil diskusi yang berkembang baik dari pertanyaan peserta webinar, maupun jawaban dari setiap narasumber selama proses webinar tersebut berlangsung. Adapun 9 Point rekomendasi tersebut ialah :

  1. Pramuwisata atau SDM Pariwisata Sumut sebaiknya berasal dari putra-putri Sumut.
  2. Karakter masyarakat Sumut, potensi dan budaya Sumut yang sangat spesifik menjadi alasan kuat putra-putri Sumut harus mengisi peluang kerja pariwisata di Sumut.
  3. SDM pariwisata Sumut harus mendapatkan pelatihan konsisten sehingga dapat mengadopsi Soft Skill (Keterampilan) yang sesuai.
  4. SDM pariwisata Sumut juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup untuk meningkatkan komunikasi dengan wisatawan mancanegara.
  5. Sumut harus mampu membangun image sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.
  6. Persoalan utama: kurangnya SDM yang mampu melakukan proses manajerial tempat wisata dan kesadaran masyarakat untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata.
  7. SDM Manajerial dibutuhkan untuk mengelolah tempat wisata yang mampu menyediakan tempat wisata yang nyaman, menarik dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan .
  8. SDM penyuluh wisata dibutuhkan untuk melakukan pendidikan kepada masyarakat agar mendukung desanya menjadi desa wisata.
  9. Keseriusan pemerintahan dibutuhkan dengan menyediakan formasi khusus sebagai ASN jabatan manajerial dan penyuluh bidang pariwisata.

Kekayaan Alam dan budaya Sumut sangat potensial untuk dikelolah menjadi sumber ekonomi masa kini dan masa depan. Hal ini dapat tercapai jika SDM Pariwisata memiliki kompetensi dan Soft Skill yang sesuai dengan kebutuhan pengelolahan parawisata. Untuk itu, pendidikan khusus untuk SDM parawisata sangan dibutuhkan. 
Hasil webinar tersebut nantinya berguna bagi perkembangan proses pembelajaran di lingkungan UIM, khususnya untuk pemantapan kurikulum prodi S1 Pariwisata Universitas Imelda Medan. Dan kemudian sebagai rekomendasi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah maupun stakeholder bidang pariwisata di Sumatera Utara. Selanjutnya menjadi bahan masukan terhadap implementasi peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumatera Utara agar pengelolaan pariwisata di wilayah ini dapat semakin berkembang.
 

Share To :