Berita / Seminar

Webinar International Medical Record And Health Information Webinar Rekam Medik Dan Manajemen Informasi Kesehatan

Administrator - 03 April 2021


3 SKP PORMIKI

Webinar  International  Medical Record And Health Information Webinar Rekam Medik Dan Manajemen Informasi Kesehatan, yang akan di gelar pada tanggal 10 April 2020, Rekam Medik dan Manajemen Informasi Kesehatan merupakan profesi penting dalam pengelolaan data kesehatan. Kajian tentang Rekam Medik dan Manajemen Informasi Kesehatan relatif masih baru di Indonesia. Munculnya kebutuhan penyediaan data kesehatan serta pengelolaannya, mendorong pemerintah untuk menyetujui nomenklatur kedua program studi ini menjadi bagian dari bidang ilmu kesehatan. Walaupun kedua program studi ini memiliki kajian yang berdekatan, namun terdapat perbedaan yang mendasar dalam profil lulusan yang akan dibentuk. Program Studi Rekam Medik adalah Program Studi Diploma Tiga (D-3) sedang Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan adalah Program Studi Diploma Empat (D-4). Sesuai dengan jenjang dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) maka level untuk D-3 adalah level 5 (lima) dan D-4 adalah level 6 (enam). Perbedaan mendasar dari kedua level tersebut adalah kemampuan melakukan analisa, dimana pada level 6 (enam) KKNI capaian pembelajaran harus mencakup kemampuan analisa. Khusus untuk D-4 Manajemen Informasi Kesehatan, maka kemampuan analisa yang diharapkan adalah dalam melakukan pengelolaan data dan penyajian informasi dari hasil pengelolaan data tersebut

Pengelolaan data kesehatan yang baik dan benar sangat penting dalam menemukan berbagai masalah kesehatan, baik dalam penemuan kasus maupun dalam memperbaiki pelayanan preventif dan promotif. Penyajian data dengan cepat dan tepat akan membantu para pengambil kebijakan untuk membuat keputusan dengan tepat dan cepat. Demikian pula pada tatanan pelayanan, penyajian data akan mampu memberikan umpan balik pelayanan yang sudah baik dan yang harus diperbaiki.

Untuk memberikan wawasan internasional terhadap pengelolaan data rekam medik dan informasi kesehatan, serta membahas peluang-peluang yang dapat dilakukan oleh para praktisi Rekam Medik dan Manajemen Informasi Kesehatan maka Program Studi D-3 Rekam Medik dan D-4 Manajemen Informasi Kesehatan Universitas Imelda Medan akan melaksanakan webinar internasional dengan mengundang pakar-pakar yang berasal dari Indonesia maupun dari internasional. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong praktisi, dosen, mahasiswa dan semua pemangku kebijakan untuk mengevaluasi penataan Manajemen Informasi Kesehatan yang ada di Indonesia sampai saat ini. Universitas Imelda Medan sangat berharap agar kiranya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya.

 

International Medical Record and Health Information

Health data management is still not manage well in Indonesia. Lack of human resources and system aplication become the obstacles to solve. Higher education in Medical Record and Management Health Information program shall make something to solve the obstacles. The higher education needs to build correct curriculum as the competencies needed.

 

In order to enrich the insight of lecturer and all the decision maker in University of Imelda Medan, and all pratictioner also the students, we would like to do a webinar. The theme of the webinar is “Good manage in health information data will empower preventive and promotive”. In this webinar, the speakers are from international and national. The international speakers have expertise in management health data and computer aplication. Besides the international speakers, there are two more speakers from Indonesia, one speaker is national speaker with the expertise in medical record and health information management, and the other is lecturer in medical record from University Imelda Medan. The speakers will talk about medical record human resources competencies, and the other will talk about current condition in health data managing in Indonesia.

 

We hope this webinar will give much information and insight to all participants in order to make a good point of review in building good management health data system in Indonesia especially in their workplace. This webinar is one dedication and participation from University of Imelda Medan to make a positive progress of management health data system. Full information about the speakers and topics please refer to the flyer attached.

To all who would like to joint the webinar, please kindly registered at :

LINK REGISTER

 

Tanggal Acara : 10 April 2020 - Jam 10.00 - 12.30 PM

ZOOM UNIVERSITAS IMELDA MEDAN 

MEETING ID : 862 300 8754, 

PASSWORD :  RMIK2021

 

Share To :