Berita / Publikasi

Universitas Imelda Medan Berpartisipasi dalam Acara 3RDSUMATRANOMICS 2022

Administrator - 07 Juni 2022


Universitas Imelda Medan Berpartisipasi dalam Acara 3RDSUMATRANOMICS 2022

 

Event tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara kembali diadakan tahun ini. Event Sumatera Economic Summit atau SUMATRANOMICS kali ini merupakan tahun ke tiga diadakan. Tahun ini hadir dengan mengusung tema yang sejalan dengan G20 yakni Recover Together, Recover Stronger. Berdasrkan 3rd.sumatrranomics.com pelaksanaan ini bertujuan untuk menjaring karya tulis baik dari akademisi dan praktisi maupun mahasiswa, khususnya dalam mendukung strategi pemulihan ekonomi Sumatera di tengah pencapaian herd immunity dan dampak spillover krisis global melalui 5 (lima) kebijakan utama. Kebijakan utama yang dimaksud di antaranya adalah stimulus fiskal-moneter, transformasi sektor keuangan, digitalisasi ekonomi dan keuangan, transformasi sektor riil, dan ekonomi keuangan hijau.

 

Event 3RD SUMATRANOMICS 2022 yang diadakan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara bekerjasama dengan Dewan Riset dan Inovasi Provinsi Sumatera Utara dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia. Acara ini selanjutnya mengundang berbagai instansi untuk menjaring ide-ide kreatif demi menunjang kesuksesannya, mulai dari akademisi, instansi swasta, BUMN, Mahasiswa dan pelaku UMKM serta bidang lainnya di jaring untuk ikut ambil bagian dalam kesuksesan acara.

 

Universitas Imelda Medan (UIM) merespon undangan panitia dengan mengirimkan delegasinya untuk mengikuti dan mendukung kesuksesan acara tersebut, adapun yang menjadi delegasi adalah Achmad Zulfikar Siregar, S.Pd.I, M.Pd dari Ka.prodi Ekonomi Syariah, Sabam Syahputra Manurung, S.Sos, M.Si dari Ka. Prodi S1 Pariwisata dan Aprilia Lase, M.Sc dari dosen S1 Pariwisata.

 

3RD SUMATRANOMICS 2022 dibuka pada 6 Juni 2022 di Ball Room Hotel Adimulia, Medan. Acara tersebut dibuka oleh Doddy Zulverdi,kepala Bank Indonesia perwakilan Sumut, kemudian sambutan diberikan oleh Eddy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara. Sekaligus membuka launcing website sumatranomics.com. Dalam opening speech kepada Bank Indonesia mengatakan tujuan acara ini ialah mendorong stimulus pertumbuhan ekonomi Sumatera yang sedang mengalami perlambatan karena faktor Pandemi Covid 19 dan isu Geo Politik internasional yang mengganggu stabilitas ekonomi regional, disamping itu laju inflasi yang mengalami penaikan sejak awal tahun hingga akhir Mei 2022, dalam sambutannya ia juga menyampaikan bahwa melalui acara ini perlu adanya dorongan pemikiran melalui CALL FOR PAPER dari mahasiswa S1 dan S2 serta umum untuk menjaring ide-ide yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Sumatera. Sementara itu Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara mengungkapkan bahwa acara yang telah memasuki tahun ke tiga ini harapannya berdampak nyata bagi masyarakat, lebih baik dari tahun sebelumnya, dan tujuan acara yang telah dikonsepkan harus benar-benar terwujud dan nyata manfaatnya bagi Masyarakat Sumatera, Khususnya Sumatera Utara. “saya sampaikan bahwa, saya membutuhkan sekali hasil nyata dari umpan balik acara ini bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat kita

 

Setelah dibukanya acara tersebut dilanjutkan dengan sesi webinar dengan tema “strategi Pemulihan Ekonomi Sumatera Ditengah Pencapaian Herd Imunity dan Dampak Spilllover Krisis Global” yang dipandu oleh moderator Sofie Syarief, News Anchor Kompas TV, dengan narasumber Yose Rizal Damuri, Ph.D, Direktur Eksekutif CSIS, Muhammad Edhie Purnawirawan, Ph.D, Ketua BSBI dan Dewan Penasehat Kadin, dan Prof Dr. Muhammad Firdaus, SP, M.Si, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

 

Selanjutnya sesi akhir ditutup dengan sangat meriah oleh panitia dengan pesan penutup sekaligus pembagian doorprice serta penyampaian pengumuman CALL FOR PAPER, dimana ketentuan dan syarat selanjutnya mengenai hal ini dapat mengunjungi laman https://3rd.sumatranomics.com/.

 

Universitas Imelda Medan (UIM), melalui acara ini mendorong dosen-dosen dan mahasiswa yang berkompeten untuk berkontribusi mensukseskan acara ini dengan ikud serta mengirimkan pemikiran-pemikiran mereka melalui seleksi call for paper sebagai wujud nyata partisipasi dan mencurahkan buah pemikirannya demi percepatan dan pertumbuhan ekonomi Sumatera.

Share To :