Berita / Kampus

TalkShow Peningkatan Soft Skill Mahasiswa UIM Bersama Fotografer Profesional ; Tarmizi Harva

Administrator - 23 Juli 2022


TalkShow peningkatan Soft Skill Mahasiswa UIM Bersama Fotografer Profesional ; Tarmizi Harva

 

Badan Eksekutif (BEM) Universitas Imelda Medan menyelenggarakan workshop peningkatan soft skill mahasiswa. Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2022 di Aula Workshop Universitas Imelda Medan (UIM). Acara berlangsung sejak pukul 09.00 pagi dan selesai pukul 12.00 dengan konsep TalkShow, diskusi dan panel yang membuat peserta terlarut dalam keseruan hingga akhir acara.

 

Dalam pembukaan yang disampaikan. Oleh Sdra. Levy, Wakil ketua BEM UIM, acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan menjaring kreativitas mahasiswa melalui lomba video promosi program studi yang telah terkumpul dan dilakukan penilaian oleh dewan juri. Dan pada hari ini merupakan pengumuman pemenang atas lomba video promosi tersebut.  Selanjutnya pada pemaparan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Dr. dr. Imelda Liana Ritonga, S.Kp., M.Pd., MN, Rektor UIM, bahwa era media sosial sekarang ini harus kita manfaatkan untuk membagi hal-hal positif untuk membentuk image positif tentang diri kita kepada orang lain, maka video promosi ini merupakan wujud pembagi hal-hal positif mengenai prodi yang ia jalani kepada banyak orang.

 

Pada acara inti peningkatan TalkShow kali ini  menghadirkan pembicara dari fotografer profesional, Tarmizi Harva, S.T, M.I.Kom,  pada pemaparannya disampaikan bahwa revolusi komunikasi visual dimulai dengan komunikasi grafis tertua berupa temuan cave painting  yang diperkenalkan oleh Chauvet Cave yang hidup sekitar 30.000 SM. Dari pemahaman tersebut didapati bahwa  gambar merupakan media komunikasi tertua di dunia. Kemudian masuk pada fase Petroglif, dimana tanda yang berfungsi sebagai pengingat, lanjut pada fase Piktogram dimana simbol sebagai bentuk ilustrasi konsep, objek, aktivitas, tempat dan peristiwa. Evolusi komunikasi terus berlanjut hingga masa ideogram, fase writing, hingga seni modern di abad ke 20 menghadirkan topografi baru yang keluar dari pakem seni klasik yang salah satunya ditandai dengan desain yang asimetris. Produk visual bergerak yang telah terintegrasi audio dan visual berbentuk film, video, dan turunan lainnya. Pemaparan oleh Bapak Tarmizi Harva mengingatkan kita akan era media sosial saat ini yang menampilkan visual bergerak dalam menunjukan identitas, jati diri, image yang berlomba-lomba menunjukkan image terbaiknya.

 

Keseruan workshop semakin terasa ketika seluruh video yang masuk dalam perlombaan video promosi terbaik prodi diputarkan dalam acara, dan kemudian ditanggapi secara objektif oleh Bapak Tarmizi Harva, sehingga peserta lomba yang hadir dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing-masing. Video promosi yang telah diterima panitia sebelumnya telah di upload pada laman YouTube Universitas Imelda Medan. Keunikan dari perlombaan kali ini adalah penilaian terhadap pemenang lomba sepenuhnya diberikan kepada dewan juri, bukan berdasarkan banyaknya Views, like, comment dan share yang selama ini dilakukan pada kebanyakan lomba. Sehingga dapat dinilai secara objektif, secara kualitas, bukan kuantitas.

 

Pada akhir acara merupakan kegiatan yang ditunggu-dunggu, dimana akan dilakukan pengumuman pemenang lomba video promosi program studi. Skala indikator yang dinilai adalah kesesuaian tema, teknik pengambilan gambar, tata musik dan suara, serta pesan cerita. Pemenang pada lomba promosi ini adalah sebagai berikut ; Video Promosi Prodi juara 3 dimenangkan, profil D3 Keperawatan Universitas Imelda Medan, Juara 2 dimenangkan Profil S1 Kebidanan Universitas Imelda Medan, Juara 1 dimenangkan oleh Prodi S1 Pariwisata.

 

Dari workshop ini dapat kita ambil keuntungan bahwa gambar yang bergerak dalam bentuk video, film dan bentuk setara dengan itu, yang kemudian dibagikan kepada banyak orang melalui media sosial harus didesain secara kreatif, komunikatif, dan editing yang berkualitas sehingga mendapatkan Feedback positif dari banyak orang dan menumbuhkan image positif bagi kita yang membagikannya.

(UIM/SSM).

Share To :