Berita / Seminar

Acara Seminar Penguatan Jejaring TB (Tuberculosis) Internal dan Eksternal Dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia Bekerja Sama Dengan Universitas Imelda Medan, Dinkes Pemprov Sumut dan Kota

Administrator - 24 Maret 2021


Acara Seminar Penguatan Jejaring TB  (Tuberculosis)  Internal dan Eksternal Dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia Bekerja Sama Dengan Universitas Imelda Medan, Dinkes Pemprov Sumut dan Kota.

Acara ini dilaksanakan oleh RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan, kerjasama dengan Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Kota Medan dan Universitas Imelda Medan bersama PT Mega Medical Pharmaceutical (MMP ), pada Rabu (24/03/2021), sekira pukul 10:00 WIB.

Seminar ini dilakukan bertujuan untuk penguatan Tim Pengendalian Tuberculosis (TB), yang dilaksanakan di Rumah Ide Coffee (RIC), Jalan Bilal No. 52 Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur.

Acara seminar dibuka oleh Dirut RSU Imelda Medan, dr. Hedy Tan MARS. MOG. SOG, sebagai pembicara utama oleh  Dr. Nuryunita Nainggolan, Sp. P(K), sebagai Staf Medis RSU Imelda, dan Japirman Purba perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut/Wasor Sumut, juga dr. Sumartini STAI. M.Kes, pembicara dari Dinas Kesehatan Kota Medan.

 

Selain itu juga, kerjasama yang baik RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan dan P.T Mega Medica Pharmaceutical (MMP), sebagai perwakilan adalah Asep Aripin S.Si, M. Farm, Guntur Berlian, M.Si, keduanya  sebagai Departemen Scientific Affair didampingi oleh Andri Lubis AMD, sebagai Sales Manager Sumut. Pembicara dari Staff Medis RSU Imelda, dr. Nuryunita Nainggolan, dia menyampaikan materi tentang penyakit TB paru.

Kepada wartawan media ini, Dr. dr. Imelda Liana Ritonga S.Kp. MPD. MN, selaku Rektor Universitas Imelda mengatakan bahwa, acar seminar ini dalam rangka memperingati hari TB sedunia. RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan, dan Universitas Imelda bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Sumut dan Dinkes Kota Medan juga 6 Puskesmas yang berdekatan, serta PT. MMP dalam mendukung program pemerintah mengeleminasi TB di tahun 2030.

"Saat ini Indonesia menjadi negara kedua terbanyak penderita TB, untuk itu kita mendukung upaya Pemerintah mengeleminasi TB secara bekerjasama dan bergotong royong,"sebut Dr. dr. Imelda Liana Ritonga.

Selain itu, RSU Imelda bekerjasama dengan PT. MMP, juga memiliki tim IT yang bisa digunakan dalam mendata pasien TB, agar tidak terjadi lagi TB anak, TB HIV, putus obat, juga promosi herbal yang bisa menyembuhkan agar mengurangi TB di Indonesia. 

Pada kesempatan itu, Wasor TB/Staff P2PN Dinkes Provinsi Sumut, Japirman Purba mengatakan, terima kasih kepada RSU Imelda dan Universitas Imelda karena saat ini momentumnya pas dengan hari TB sedunia. Harapannya, agar RSU Imelda tidak bosan-bosannya mengadakan seminar seperti ini, agar jejaring dengan unsur terkait yang dekat dengan rumah sakit dapat terjalin," tambah Japirman Purba. Sementara, Asep Aripin S.Si. M.Farm, perwakilan PT. MMP, sangat mensuport RSU Imelda dan Universitas Imelda dalam melakukan riset TB, dan sejauh mana hasil riset produk herbal albumin ikan gabus mampu menyembuhkan penyakit TB. "Jadi sejauh mana produk herbal yang berbasis albumin ikan gabus dapat mengambil peran dalam penyembuhan penyakit TB,"sebut Asep Aripin. (Andi).

Sumber Berita metro7news.com

Share To :