Berita / Kampus

UIM Adakan Seminar Nasional Bertajuk Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional

Administrator - 25 Februari 2020


Civitas Akademika Universitas Imelda Medan (UIM) mengadakan Seminar Nasional tentang Penulisan Artikel Ilmiah Publikasi Nasional dan Internasional pada Kamis, 13/02/2020. Keynote Speaker dalam acara tersebut ialah Prof. Yuliansyah, M.S.A, Ph.D, Akt, CA. Acara seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dari kunjungan dari Prof. Yuliansyah untuk melaksanakan kuliah tamu dan kemudian sebagai sharing ilmu kepada Bapak/Ibu dosen UIM yang tahun ini mendapat 19 proposal penelitian Dosen Pemula (PDP) yang tembus dan didanai oleh Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Imelda Medan, Dr. dr. Imelda Liana Ritonga, S.KP, M.Pd, MN, jajawan Wakil Rektor 1, 2, dan 3, Bapak/Ibu Dosen universitas dan mahasiswa tingkat akhir dari seluruh program studi di lingkungan Universitas Imelda Medan (UIM).

Rektor Universitas Imelda Medan mengatakan bahwa urgensi selama ini mahasiswa tingkat akhir memiliki kendala dalah menyusun tugas akhirnya. “selama ini anak-anak kita agag kesulitan dalam memilih sendiri topik dan judul penelitiannya, seringnya mereka meneruskan penelitian abang kakaknya kemudian mengganti lokasi dan fokus penelitian, namun jika dilihat isinya masih memiliki banyak kesamaan, sementara penelitian harusnya dilaksanakan secara mandiri dengan tingkat plagiat yang rendah” Jelasnya.

Pada seminar ini , Prof. Yuliansyah, M.S.A, Ph.D, Akt, CA., banyak memaparkan tentang langkah langkah menulis sistematis, strategi menulis, hingga tips agar tulisan ilmiah dapat tembus publikasi nasional, maupun internasional. Mulai dari pemilihan judul yang menarik, penyusunan introduction yang kuat dan bermutu, proses penyusunan referensi hingga yang paling menarik tentang penjabaran pembahasan yang disusun secara sistematis dan menarik. “introdukction yang kuat dan bermutu adalah modal awal sebuah tulisan agar mendapatkan perhatian khusus dari reviewer, saya secara pribadi membuat introduction dengan baik dan saya yakin inilah yang membuat tulisan saya sering diterima oleh lembaga publikasi” jelasnya.

Kemudian pemaparan tersebut semakin menarik ketika membahas tentang kolaborasi dalam penelitian “kolaborasi amat penting dibanding sendiri-sendiri, sebab dalam kolaborasi kita membaur dengan teman dari berbagai rumpun ilmu, karena pembauran itu membuat keragaman isi dan informasi sehingga kemungkinan publisnya lebih tinggi ketimbang bekerja sendiri-sendiri”. Prof. Yuliansyah, M.S.A, Ph.D, Akt, CA., mengapresiasi kolaborasi penelitian yang ada di Universitas Imelda Medan sehingga dari 19 judul proposal Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang diajukan, seluruhnya lolos pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak kalah menarik dalam sesi tanya jawab terjalin dengan interaktif, tingginya reaksi pertanyaan, baik dari dosen dan mahasiswa membuat sesi bertanya dilangsungkan sebanyak empat sesi, dimana masing-masing sesi dipersilahkan tiga orang bertanya. Dalam pertanyaan yang berkembang umumnya menanyakan tentang kualitas dari sebuah tulisan agar isi tidak terlalu bertele-tele dan dapat berfokus kepada satu pembahasan masalah secara mendalam, kemudian pendekatan penelitian bebasis kesehatan yang mengedepankan penelitian terapan, kemudian tips pemilihan lembaga publikasi agar tulisan yang didaftarkan terpublikasi di lembaga yang terpercaya dan publish sesuai dengan indeks dan qualifikasi yang diharapkan.

Pada akhir acara ditutup dengan doa bersama oleh dosen Ekonomi Syariah, Yogi Putra, SE, MM, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama antara keynote speaker, pimpinan universitas, bapak/ibu dosen dan seluruh mahasiswa yang hadir. [publish/uim/2020]