Berita / Kampus

Rangkaian Acara Silaturahmi Dan Penandatanganan Kerjasama Universitas Imelda Medan Tahun 2021

Administrator - 06 April 2021


Rangkaian Acara Silaturahmi Dan Penandatanganan Kerjasama Universitas Imelda Medan Tahun 2021. Universitas Imelda Medan (UIM) melaksanakan berbagai kegiatan silaturahmi dengan berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.  Adapun tujuan dari silaturahmi tersebut adalah memberikan informasi tentang program studi-program studi yang ada di UIM, profil lulusan serta peluang kerja alumni dari setiap program studi.  Di dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara UIM dengan sekolah-sekolah yang diundang.  Adapun hal-hal yang disepakati di dalam PKS tersebut adalah (1) Bekerjasama untuk memberikan informasi tentang program studi-program studi yang ada di UIM kepada siswa/i SMA sederajat agar dapat melanjutkan pendidikan sesuai bakat dan kompetensi yang ada pada peserta didik, (2) Bekerjasama dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik melalui program diskusi dan seminar sesuai dengan bidang keahlian yang ada di UIM, (3) Bekerjasama meningkatkan peluang melanjutkan studi bagi peserta didik kurang mampu namun berprestasi baik melalui beasiswa Yayasan Imelda maupun bantuan dari program pemerintah, (4) Bekerjasama dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang-bidang yang memungkinkan.  Penandatanganan PKS dilakukan oleh Rektor UIM dan masing-masing kepala sekolah yang hadir.

Pada acara silaturahmi ini juga sekaligus dilaksanakan kegiatan pemberian informasi tentang program studi-program studi yang ada di UIM serta profil lulusan dan peluang kerja lulusan pada setiap program studi.  Dengan pemberian informasi tersebut, diharapkan kepala sekolah dan guru-guru yang hadir dapat memberikan alternatif kepada siswa/i yang memiliki minat dan bakat sesuai dengan program studi-program studi yang ada di UIM.  Dalam acara silaturahmi tersebut juga diberikan beberapa materi tentang kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang dibutuhkan pada masa kini dan akan datang sesuai dengan perkembangan di Indonesia dan dunia.

 

1. Silaturahmi UIM Dengan Guru-Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/SMK

         Silaturahmi antara UIM dan guru-guru BK diadakan pada hari Kamis, tanggal 18 Februari 2021.  UIM bekerjasama dengan guru-guru BK dari SMA dan SMK yang berada di bawah naungan Yayasan Imelda mengundang guru-guru BK sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan dan sekitarnya.  Selain itu, UIM juga mengundang pengurus dari Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) yang diketuai oleh Bapak Ramadhan, S.Pd.  Pada pertemuan ini, sebanyak 55 (lima puluh lima) guru BK dari masing-masing sekolah menghadiri acara tersebut.  Acara dibuka dengan kata sambutan dari Rektor UIM yaitu Ibu Dr.,dr., Imelda Liana Ritonga, S.Kp.,M.Pd.,MN, Dilanjutkan sosialisasi tentang UIM dan program studi-program studi yang ada di UIM. Kemudian Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang peluang kerja dari lulusan masing-masing program studi UIM berdasarkan kecenderungan perkembangan kebijakkan pemerintah dan pengembangan dunia.  Para guru BK menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tentang UIM, dan sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut dibentuklah grup Whatsapp Silaturahmi MGBK dengan UIM.  Dengan adanya grup ini, diharapkan informasi-informasi dari UIM dapat disampaikan kepada pihak guru juga sebaliknya jika ada hal-hal kerjasama yang dapat dilakukan UIM dengan guru-guru dapat dikomunikasikan dengan cepat.

 

2. Silaturahmi dan Penandatanganan PKS UIM Dengan Kepala Kepala Sekolah SMA/SMK

            Pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021, sebagai kelanjutan pertemuan silaturahmi dengan guru-guru BK maka dilaksanakan pertemuan dengan kepala sekolah-kepala sekolah yang bertujuan untuk membangun kerjasama antara UIM dan sekolah-sekolah.  Untuk mengadakan pertemuan ini, UIM bekerjasama dengan kepala sekolah-kepala sekolah SMA  sederajat yang berada di bawah naungan Yayasan Imelda.  Sebanyak 51 (lima puluh satu) SMA sederajat merespon dan hadir pada acara silahturahmi sekaligus penandatanganan PKS dengan UIM.  Acara didahului dengan pemberian informasi tentang UIM dan diskusi tentang peluang kerja para alumni UIM. Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara Rektor UIM dengan masing-masing kepala sekolah.  Para kepala sekolah menyambut baik pelaksanaan PKS yang dipromotori oleh UIM, dan berharap UIM juga dapat membantu sekolah dalam menambah pengetahuan melaksanakan proses pembelajaran yang lebih baik.

3. Silaturahmi dan Penandatanganan PKS UIM Dengan Kepala-Kepala Madrasah Aliyah

         Rangkaian acara selanjutnya adalah pelaksanaan silaturahmi dan penandatanganan PKS UIM dengan Madrasah madarasah Aliyah yang berada di dalam naungan Kementerian Agama (KEMENAG) kota Medan. Selain bertujuan untuk melaksanakan sosialisasi tentang program studi-program studi yang ada di UIM, secara khusus pada kegiatan ini dilaksanakan Seminar “Ekonomi Syariah Sebagai Ideologi Alternatif Pengembangan Bisnis Yang Lebih Menguntungkan Semua Pihak”. Sebagai pembicara pada seminar tersebut adalah Bapak Dr H. Chandra, M.Pd seorang ahli dalam Ekonomi Syariah dengan topik “Peran dan Dedikasi Tiada Henti Mengembangkan Ekonomi Syariah” dan Bapak H. Yose Rizal, S.Ag., MM (Bapak Ka.Si. Pendidikan Madrasah Kota Medan) dengan topik “Madrasah Aliyah Sekolah Dengan Ideologi Moderat”. Kedua pembicara mengemukakan bahwa saat ini, ideologi umat Muslim harus lebih moderat, yakni tidak memaksakan keyakinannya kepada orang lain namun menghargai setiap umat dan hidup rukun. Keyakinan beragama adalah milik pribadi yang tidak harus dikaitkan dengan kehidupan dalam masyarakat.Dengan ideologi moderat ini, justru kerjasama dengan semua pihak akan lebih terbuka dan saling menguntungkan. 

            Dalam melaksanakan acara ini, UIM bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Medan dan bertindak sebagai pengundang adalah Kepala KEMENAG Kota Medan yaitu Bapak Dr. H. Impun Siregar, M.A kepada Kepala MAN/MAS di lingkungan Kementerian Agama Kota Medan. Hadir di dalam pertemuan ini sebanyak 40 (empat puluh) MAN/MAS.  Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan PKS UIM dengan kepala kepala madrasah aliyah yang hadir.

 

4. Silaturahmi UIM dengan sekolah-sekolah Menengah Atas (SMA) di Tapanuli Selatan

        Tim sosialisasi UIM juga melaksanakan kunjungan ke SMA sederajat yang berada di daerah Tapanuli Selatan. Latar belakang pemilihan daerah adalah karena adanya keinginan UIM mengsosialisasi program studi baru yang dimiliki UIM yakni Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah. Tapanuli Selatan merupakan daerah di Sumatera Utara dengan populasi umat Muslim mendekati 100 % dengan jumlah pesantren yang banyak.  Silaturahmi UIM dilakukan pada 18 SMA sederajat. Tim sosialisasi disambut dengan baik dan pemberian informasi tentang UIM dapat dilaksanakan dengan lancar.  Sebagai tindak lanjut dibentuklah Grup Whatsapp untuk mempermudah pemberian informasi tentang UIM maupun komunikasi dengan pihak pihak sekolah

         Demikianlah rangkaian Silaturahmi UIM dengan sekolah-sekolah SMA dan sederajat di tahun 2021 ini. Dalam keterbatasan yang ada karena masalah pandemi Covid 19 dan Pembatasan Berskala Besar (PSBB), UIM masih berupaya untuk melaksanakan pemberian informasi tentang program studi-program studi serta peluang lulusan.  Semoga semua acara silaturahmi yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya.

Share To :