Berita / Akademik

Praktek Belajar Lapangan (PBL) Mahasiswa Profesi, D-III Keperawatan Ners dan D-III Kebidanan Universitas Imelda Medan di Desa Cinta Rakyat

Administrator - 26 Februari 2020


Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan bagian dari proses belajar mengajar dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang telah dipelajari di kelas, sehingga diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya di masyarakat (‘siap pakai’). Disamping itu, PBL ini juga dilaksanakan dalam hal pemenuhan tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

PBL ini dilaksanakan atas kolabroasi pengabdian masyarakat mahasiswa Profesi Ners dan  mahasiswa D-III Kebidanan yang didampingi oleh dosen pengajarnya. Waktu pelaksanaan kegiatan
Kegiatan PBL dilaksanakan selama 14 hari yakni mulai tanggal 27 Januari  hingga penutupan pada 08 februari 2020 yang bertempat di Desa Cinta Rakyat Lingkungan I dan XI, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tujuan diadakannya PBL ini ialah untuk mengetahui status kesehatan masyarakat melalui kegiataan pendataan, kemudian mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pelayanan di masyarakat desa tujuan PBL, dan mahasiswa melaksanakan kegiatan Pelayanan Kebidanan di Masyarakat.  Selama 14 hari penuh mahasiswa Profesi Ners dan D-III bidan memenuhi berbagai proram kegiatan dan target kerja untuk mencapai tujuan kegiatan tersebut.

Rangkaian Kegiatan Mahasiswa DIII Kebidanan dan Profesi Ners

Pada hari pertama, Senin 27 Januari 2020, dosen dan mahasiswa dari Universitas Imelda Medan diterima oleh pemerintah setempat di desa Cinta Rakyat yang menandai penerimaan dan permulaan kegiatan PBL di desa mereka. Kemudian pada tanggal 28 hingga 29 Januari 2020, yakni Selasa hingga Rabu berlangsung penyebaran tim mahasiswa D-III Kebidanan untuk berkeliling ke masyarakat melaksanakan pendataan keluarga sehat di lingkungan I dan XI, sedangkan mahasiswa Profesi Ners berkeliling ke lingkungan masyarakat untuk pelaksanaan pengkajian keperawatan keluarga yakni pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

Pada hari ketiga dilangsungkan kegiatan imunisasi Vitamin A bagi anak-anak di TK yang ada di lokasi dan kemudian pengumpulan dan rekapitulasi data dari berbagai tim yang telah tersebar hingga pada sore hari mahasiswa ikud dalam perwiritan ibu-ibu yang ada di lokasi pengabdian. Selanjutnya pada hari sabtu, 1 Februari 2020 dilaksanakan kegiatan imunisasi dan penyuluhan ASI eksklusif di Posyandu Desa Cinta Rakyat, Dusun XI dan penyuluhan kurang gizi ke beberapa rumah warga yang sudah ditargetkan, hingga padaa magripnya mahasiswa mengikuti pengajian akbar di desa tersebut.

Pada hari minggu, 02 Februari 2020 mahasiswa tidak menyurutkan niatnya untuk tetap mengadakan PBL, mahasiswa profesi Ners dan D-III Kebidanan mengadakan senam sehat kepada masyarakat dan penyuluhan lansia sehat, selanjutnya mereka mengadakan gotong-royong di desa tersebut yakni melakukan kebersihan lingkungan, perbaikan parit dan selokan yang ada di lokasi sehingga desa telah terlihat bersih. Kemudian pada senin 03 Februari 2020 mahasiswa D-III Bidan melaksanakan pembinaandan bimbingan oleh dosen pengampu dan sekaligus persiapan untuk mengadaan loka karya mini yang akan dilaksanakan esok harinya, sementara mahasiswa profesi Ners mengadakan penyuluhan PHBS di Sekolah PAUD FIYAUMI selanjutnya mempersiakan diri untuk pengadaan lokakarya mini pada esok harinya. Hingga pada hari selasa, 4 Februari 2020 dilaksanakan loka karya mini. kemudian PBL masih berlanjut, di tanggal 05 Februari 2020, pada pagi harinya dilaksanakan penyuluhan 7 langkah cuci tangan kepada siswa/i SDN 107403, Desa Cinta Rakyat, penyuluhan tersebut dimulai dengan simulasi di lapangan dan praktik langsung di mushala sekolah dengan menggunakan kran air. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan PHBS di SD dan SMP Salsa, Kemudian pada siang harinya dilanjutkan dengan penyuluhan pergaulan bebas di SMP Al-Maksum yang berlokasi di desa tersebut. Kemudian masih di hari yang sama, pada sore harinya dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah dan pembagian bubur bersama yang berlokasi di posko lansia di desa tersebut. Sementara mahasiswa profesi ners mengadakan penyuluhan nutrisi ibu hamil dan melakukan penerapan terapi modalitas berdasarkan jurnal, yakni pembuatan jus tomat + wortel untuk obat kolestrol dan rendaman air kaki dengan air jahe merah untuk obat asam urat.

Pada hari ke 12, yakni kamis 06 Februari 2020 dilaksanakan program USG Gratis dan penyuluhan hipertensi pada ibu hamil di Puskesmas Pembantu di desa tersebut. Pelaksanaan USG gratis ini dikelola dan dipersiapkan oeh mahasiswa/i Universitas Imelda Medan, sementara penyuluhan dilaksanakan oleh mahasiswa profesi Ners, Ibu-ibu dosen dan sementara itu USG gratis dilaksanakan oleh kolaborasi UIM dengn Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia (IPI), dimana dr. Rili Ritonga, SP.Og menangani langsung pelaksanaan USG dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil tersebut. Hingga tiba lah pada hari terakhir PBL yakni penutupan pada sabtu, 8 Februari 2020.

Penutupan tersebut dipimpin langsung oleh wakil Rektor II, Ibu Aurelia Hutagaol S.Kep, M.PH, dimana pihak kampus mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya acara PBL ini dan berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi desa terdampak kegiatan PBL dan juga menjadi pengalaman dan penambah ilmu baru bagi mahasiswa dan dosen di Universitas Imelda Medan.