Berita / Akademik

Mahasiswa D-III RMIK Laksanakan Pembekalan Untuk Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan IV di RSU H. ADAM MALIK MEDAN

Administrator - 06 Februari 2020


 

Sesuai dengan kurikulum pendidikan D III RMIK yang telah diterapkan, bahwa mahasiswa D-III RMIK Universitas Imelda Medan diberikan alokasi waktu untuk melaksanakan praktek kerja lalapangan maupun klinis yang berhubungan dengan teori yang diperoleh di saat perkuliahan. Dalam PKL ini mahasiswa D-III Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Imelda Medan (UIM) dibekali pelatihan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan bidang perekam medis di rumah sakit.

Praktik Kerja Lapangan IV ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum H. Adam Malik, Medan pada selasa 28 Januari 2020. Mahasiswa yang mengikuti PKL IV ini adalah mahasiswa tingkat III yang sudah memasuki tingkat akhir perkuliahan, ini adalah tingkat ke empat mereka menjalani PKL setelah melaksanakan PKL I di Rumah Sakit IPI Medan, PKL II di Puskesmas seluruh kecamatan di Kota Medan dan PKL III di RSU Julham Binjai. Rangkaian PKL tersebut adalah untuk meningkatan pengetahuan dan pembelajaran praktik Rekam Medis di Rumah Sakit. Dengan adanya empat tahapan PKL tersebut semakin meningkatkan sinkronisasi antara penyelenggara pendidikan Rekam Medis dengan lingkungan perjaan yang mereka jalani setelah selesai pendidikan.

 

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh tim pendidikan dan pelatihan RSU H. Adam Malik Medan bahwa tujuan pembelajaran lapangan ini adalah untuk mengetahui bentuk pekerjaan perekam medis secara keseluruhan, menganalisa data kesehatan, mengidentifikasi masalah-masalah yang berhubungan dengan rekam medis dan mencari solusi permasalahannya, mampu bekerjasama dengan tim dan sistem yang telah ada dan mampu melakukan klasifikasi dan kodefikisasi penyakit dan tindakan medis berdasarkan standar pengkodean ICD-10 dan ICD-9-CM pada sistem Disestif, Endoktrin, Urinatria dan Abnormali, Kromosom, Neoplasma dan infeksi, cedera (unjury), keracunan dan konsekuensi dari sebab keluar yang diberikan gangguan pada tubuh.