Berita / Akademik

Ketua LLDIKTI Wilayah I Serahkan SK Perijinan Pendirian Universitas Imelda Medan

Administrator - 08 Januari 2020


Penyerahan Surat Keputusan (SK) perijinan pendirian Universitas Imelda Medan telah dilaksanakan pada selasa 05/11/2019 di Kantor LLDikti Wilayah I. SK tersebut diberikan langsung oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah I, Bapak Prof. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc. P.Hd. kemudian diterima langsung oleh Ketua Yayasan Imelda, Bapak dr. Raja Imran Ritonga, M.Sc, kemudian didampingi Rektor UIM Ibu Dr.dr. Imelda Liana Ritonga, S.Kp, M.Pd, MN, dan Ibu wakil rektor I, Ibu Sarida Surya Manurung, S.Kep, Ns, M.Kes.

Proses alih bentuk menjadi sebuah universitas telah dipersiapkan jauh-jauh hari. salah satu bahagian yang dimulai yakni pelaksanaan penggabungan Akademi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (APIKES) Imelda ke dalam bahagian Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKes) Imelda Medan pada tahun 2018, kemudian melahirkan program studi baru seperti Sarjana Kebidanan, Profesi Bidan, dan D-IV Manajemen Informasi Kesehatan pada tahun 2018.

Kemudian pada tahun 2019 fokus mempersiapkan borang penggabungan institusi STIKes dan Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Imelda untuk beralih bentuk menjadi Universitas Imelda Medan (UIM) masih harus melengkapi pengadaan program studi baru dengan latar belakang ilmu sosial, maka dari itu Yayasan Imelda membuka dua program studi baru yakni Sarjana Pariwisata dan Sarjana Ekonomi Syariah. Kemudian mempersiapkan sarana – prasarana seperti tenaga pengajar, kebutuhan ruang perkuliahan dan laboratorium praktik bagi dua program studi baru tersebut.

Kemudian pada rabu, 04/09/2019 Tim penggabungan Institusi STIKes dan AMIK Imelda melaksanakan pemaparan di Kantor LLDIKti Wilayah I sekaligus memaparkan kesiapan sarana dan prasarana program studi Sarjana Pariwisata dan Ekonomi Syariah, kemudian setelah selesai pemaparan tersebut, pada tanggal 10 September 2019 Yayasan Imelda telah mendapat rekomendasi untuk alih bentuk menjadi universitas dengan penambahan program studi melalui nomor surat B/385/L1.2.1/KB.03.01/2019.

Visitasi dari tim Kemenristektikti ke Yayasan Imelda

Visitasi oleh tim penilai dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi tentang kesiapan sarana prasarana alih bentuk STIKes dan Amik Imelda menjadi universitas telah dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2019. Tim visitasi terdiri dari tiga bagian yakni tim pertama menilai bagian umum seperti ketersediaan tenaga pengajar dan tenaga kependidikan, kemudian menilai ketersediaan sarana prasarana seperti ruang praktik dan ruang perkuliahan, kemudian tim kedua menilai kondisi keuangan yayasan, dan sedangkan tim ketiga menilai status hukum dan legalitas kampus. Dari hasil visitasi tersebut tiga tim penilai tersebut memberikan rekomendasi penggabungan STIKes dan Amik Imelda Menjadi universitas Imelda Medan (UIM). Kini Universitas Imelda Medan telah memiliki 13 program studi yakni lima program sarjana, dua program profesi, enam program Diploma tiga dan satu program Diploma 4.  

 

Share To :