Berita / Kampus

Antisipasi Penyebaran COVID-19 Mahasiswi Farmasi UIM Memproduksi Sendiri Hand Sanitizer Untuk Dipergunakan di Lingkungan Kampus

Administrator - 18 Maret 2020


Penyebaran VIrus COVID-19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia. Penyebaran virus tersebut berlangsung dengan amat cepat dan masif sehingga negara-negara di dunia telah menerepkan kesiagaan penuh agar tidak semakin banyak masyarakatnya terinfeksi virus tersebut. World Healt Organisation (WHO) bahkan mengumumkan COVID-19 telah menjadi pandemi global dan mengajurkan berbagai langkah antisipasi. Demikian juga presiden Republik Indonesia, pemerintah daerah provinsi Sumatera dan Pemerintah Kota Medan menerapkan siaga kepada seluruh lapisan masyarakat terhadap wabah COVID-19.

Sama hal nya dengan isntitusi lainnya, Universitas Imelda Medan menerapkan siaga untuk mengantisipasi diri dari setiap kemungkinan yang akan terjadi. Untuk mencegah penularan yang memungkinkan terjadi, Rektor Universitas Imelda Medan, dalam apel pagi menghimbau kepada seluruh civisitas akademika UIM agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dengan selalu mencuci tangan secara berkala, menjaga kebersihan barang-barang pribadi baik di asrama maupun di lingkungan kampus, tidak duduk berhimpitan saat proses belajar-mengajar di kelas, dan datang ke IGD Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia apabila mengalami demam, batuk maupun flu agar potensi yang ada dapat ditangani dengan cepat.

Sebagai wujud antisipasi tersebut, mahasiswi Farmasi UIM memproduksi sendiri hand sanitizer untuk dipergunakan di lingkungan kampus. Proses produksi hand sanitizer tersebut didampingi oleh dosen Farmasi, Bapak Roby Pahala Januario Gultom S.Si, M.Si. Hand sanitazer tersebut kemudian  didistribusikan ke seluruh ruang dosen, ruang administrasi dan seluruh ruang perkuliahan serta laboratorium kampus untuk dapat dipergunakan secara berkala.

Dalam keadaan saat ini pepatah “lebih baik mencegah, daripada mengobati” menjadi sangat bermakna. Upaya-upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk proses pencegahan tersebut adalah dengan selalu mencuci tangan secara berkala, jangan menyentuh wajah, hindari kontak langsung baik bersalaman maupun menggunakan alat makanan atau handuk dengan orang lain, dan melalukan menghindari kerumunan/keramaian yang tidak terlalu prioritas.